Main Menu

Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

Our school

Sejalan dengan prinsip kepeloporan para pendiri, SMP Pembangunan Jaya ingin menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi Kreatif, Inovatif, Mandiri dan berani mengambil resiko yang terukur, untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya dan mampu menjawab tantangan bangsa menuju keunggulan sumber daya manusia Indonesia.

 

Pembelajaran kewirausahaan dengan tujuan utama mengubah mind-set sehingga jiwa kewirausahaan dapat dikondisikan (by design). Siswa di dorong untuk mencari dan menciptakan peluang yang bernilai, sehingga innovator yang menemukan solusi bagi masyarakat dan sosok yang berani mengambil resiko secara terukur.

 

Tentunya untuk mencapai kompetensi tersebut diperlukan perubahan paradigma pendidikan, yang semula bersifat pasif menjadi sebuah proses pengalaman belajar yang kreatif dan Inovatif (educative experiential learning).

 

1. Student Company

 

Student Company merupakan kegiatan Entrepreneur yang dilaksanakan oleh siswa kelas 8. Setiap kelas menjalankan satu perusahaan dengan struktur organisasi yang jelas, President Direktur, Vice president Direktur, dll. Permodalan student company diperoleh dari kegiatan penjualan saham. Mereka harus mempresentasikan produk di depan guru, karyawan dan orang tua siswa untuk meyakinkan mereka sehingga tertarik untuk membeli saham.  Perolehan saham akan dijadikan modal untuk menjalankan usaha. Selam tiga bulam mereka menjalankan perusahaannya yang bergerak dibidang kuliner. Kegiatan perusahaan diakhiri dengan laporan dan pembagian devident kepada pemegang saham

2.  Business Plan

 

Rencana Bisnis atau Business plan adalah pembelajaran kelas 7 untuk merancang sebuah bisnis yang dilaksanakan secara berkelompok. Rancangan Bisnis dilombakan untuk memicu siswa untuk berkarya dalam kegiatan Entrepreneur. 

Back to top